Minggu, 26 Agustus 2007

Hati-Hati terhadap Penipuan Lewat Internet...!!

Penipuan yang terjadi lewat internet sangat gencar diperbicarakan oleh banyak pihak, telah banyak korban yang tertipu oleh para penipu di internet. Biasanya para penipu tersebut disebut dengan hacker yang mana tujuannya untuk menipu, merusak, dan mencuri dokumen-dokumen penting personal maupun perusahaan lewat internet.

Selain penipuan yang dilakukan oleh para hacker, banyak juga penipuan dalam bentuk informasi palsu atau isu yang bertebaran di internet sehingga kita harus berhati-hati dalam mencari sumber informasi melalui internet.

Tujuan para hacker yang melakukan penipuan melalui internet beraneka ragam, salah satunya adalah untuk mencuri data kartu kredit dari para korbannya yang ditipu, biasanya mereka membuat suatu website online store yang mana menjual barang-barang yang sebenarnya tidak dimiliki oleh hacker tersebut dan harganya pun jauh lebih murah. Para hacker ini membuat sistem pembayaran website dengan menggunakan kartu kredit sehingga begitu pembeli melakukan suatu pemesanan barang atau jasa, maka pembeli tersebut akan memasukkan semua data kartu kreditnya ke dalam website tersebut yang sebenarnya data-data tersebut akan diambil oleh para hacker. Dengan begitu maka pemilik kartu kredit tersebut akan kehilangan sebagian atau keseluruhan uang yang ia miliki yang berarti ia telah menjadi salah satu korban penipuan melalui internet.

Selain itu, banyak juga para hacker yang menyebarkan suatu virus tertentu yang telah diprogram untuk menyusupi komputer korban yang mana akan di kendalikan dari komputer hacker, dengan begitu maka hacker tersebut dapat mengendalikan semua aktifitas di komputer tersebut termasuk mendownload dan menghapus dokumen komputer korban yang mungkin dokumen tersebut berisi rahasia penting suatu perusahaan maupun personal.

Banyak juga informasi-informasi palsu yang bertebaran di internet. Informasi tersebut biasanya dalam bentuk isu atau hal-hal yang menyesatkan. Untuk itu kita harus memilah informasi-informasi di internet sebelum kita mempercayai kebenaran informasi tersebut.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua agar selalu berhati-hati terhadap penipuan di internet...

6 komentar:

Iklan Baris mengatakan...

Setuju, kewaspadaan harus lebih ditingkatkan lagi seiring dengan kejahatan-kejahatan onLine yang terus berkembang.
Dengan begitu kita dapat memperkecil peluang kejahatan untuk memperdaya kita.
Wapadalah…!!!!
Iklan Gratis

Fathul mengatakan...

Kejahatan memang terjadi dimana ada kesempatan,waspada jalan terbaik..thank infonya mas

Husodo mengatakan...

Salah satu faktor mengapa kita mudah tertipu, karena tanpa kita sadari disebabkan keinginan kita untuk cepat kaya tanpa susah-2, spekulasi dan emosional....sehingga pertimbangan-2 logika dan daya kritis sering kita abaikan. Padahal Bisnis Internet atau bisnis apapun juga harus melalui suatu proses, tahapan-tahapan, pembelajaran dan Ilmunya Bisnis itu sendiri.......

Imam's Blog mengatakan...

Jadi bagaimana dengan iklan yang ada di bagian bawah blok anda ini, apa itu bkn termsk penipuan?

elvi mengatakan...

saya juga sering kena tipu sudah hampir 5 juta saya kena, ada yang lewat trik yang sudah ketinggalan jaman dsb, jadi bagaimana caranya agar dapat terhiondar dari orang - orang yang tidak bertanggung jawab ini,tolong masukannya donk

eko mengatakan...

nice posting makasih banyak.,, info yang benar2 berguna,.