Sabtu, 25 Agustus 2007

Gerhana Bulan Total 28 Agustus 2007

Kepala Observatorium Boscha Lembang Kabupaten Bandung, M Taufik, mengatakan, gerhana bulan total (GBT) akan berlangsung pada tanggal 28 Agustus 2007.

Gerhana bulan total tersebut dapat disaksikan diseluruh wilayah Indonesia dan dapat disaksikan lebih lama di Indonesia bagian timur.

Masyarakat di wilayah timur bisa menyaksikan fenomena alam tersebut dari jam 16.53 WIB, karena di wilayah timur sudah mulai gelap. Sementara itu masyarakat di wilayah barat hanya bisa menyaksikan GBT itu setengahnya karena bulan di wilayah itu baru terlihat sekitar pukul 17.51 WIB

Proses gerhana bulan itu mulai kontak atau Penumbra sekitar pukul 14.52 WIB, baru setelah 59 menit berikutnya bulan memasuki momen gerhana bulan atau Umbra.

Kemunculan Gerhana bulan total berbagai tempat di Indonesia merupakan salah satu fenomena alam yang menarik dan langka. Kita dapat menyaksikan fenomena tersebut sepanjang kondisi cuaca normal dan tidak mendung atau hujan.

Proses gerhana bulan total pada 28 Agustus 2007 mendatang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gerhana bulan yang terjadi pada pertengahan Maret 2007 lalu namun GBT kali ini akan terlihat lebih gelap.

1 komentar:

kubuss mengatakan...

ass.

sekedar mengingatkan, buat kaum muslimin dan muslimat agar bersama-sama menyelenggarakan/melaksanakan sholat sunnat gerhana di lingkungan masing-masing, sebagai wujud syukur kita kepada Alloh atas terjadinya kejaiban alam (nanti) berupa gerhana bulan.

semoga Rahmat Alloh selalu tercurah pada bumi kita, Indonesia Raya.