Jumat, 24 Agustus 2007

Waspadai virus di komputer anda

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan informasi yang mudah didapatkan dari berbagai sumber di internet memberikan kesempatan kepada para hacker untuk melakukan aksinya. Salah satunya adalah virus-virus komputer yang mereka buat yang hanya dengan 1 virus saja mereka berhasil menyebarkan ribuan bahkan jutaan virus di seluruh dunia dalam waktu singkat. Hal ini sungguh memberikan ke waspadaan kepada para pengguna komputer khususnya kepada pengguna internet agar selalu berhati-hati terhadap berbagai virus yang suatu saat dapat menyusup di komputer kita baik melalui media penyimpanan seperti CD, Flash Disk, Disket, dll atau melalui jaringan LAN, MAN, maupun WAN.

Satu virus saja yang masuk ke komputer kita bisa berkembang menjadi ratusan bahkan ribuan virus dalam waktu singkat. Hal ini tentu menjadi permasalahan penting yang harus kita hadapi karena masuknya virus akan berakibat fatal pada sistem komputer dan data-data di komputer kita. Ada 2 jenis virus dilihat dari sistemnya, yaitu virus visible dan virus invisible. Yang sangat berbahaya adalah jenis virus yang invisible karena kita tidak dapat melihat keberadaan virus tersebut di komputer kita sedangkan jenis virus visible dapat terlihat dalam bentuk file dengan ekstensi berdasarkan jenis virus tersebut.

Cara aman agar komputer kita terhindar dari virus adalah dengan meng-install suatu antivirus tertentu yang dapat membasmi banyak virus komputer. Salah satu antivirus yang cukup ampuh untuk membasmi virus komputer adalah AVG atau McAffe yang saat ini cukup banyak dipakai oleh banyak orang. Cara aman lainnya adalah selalu waspada terhadap media penyimpanan seperti flashdisk, disket, CD, atau yang lainnya dan harus berhati-hati jika ingin meng-install suatu software yang didownload di internet karena banyak sekali software yang telah terindikasi terhadap virus komputer.

Jika komputer anda terhubung ke internet, selalu update antivirus anda minimal 1 bulan sekali karena setiap hari virus komputer selalu bertambah dengan pertambahan yang cukup signifikan.

Semoga tips-tips diatas dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan semua.... dapatkan tulisan-tulisan terbaru saya setiap harinya di blog ini.....


Punya Website / Blog ? Masukkan Url Blog ini di web / blog anda.... (Link Exchange)

Lihat Sponsor

4 komentar:

alone mengatakan...

ini merupakan resiko yang harus di terima dari it....

Unknown mengatakan...

bagus infonya gan

Unknown mengatakan...

bagus infonya gan

fiu s mengatakan...

kalo say lebih suka pake avira gan, dulu sh pernah sy penggemar AVG, tp sekarang dah beralih ke avira ... :)